DISPERSIP MENCARI JUARA DI SEMANDING

Dalam memperingati “Bulan Gemar Baca Dan Hari Berkunjung di Perpustakaan”, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kebupaten Tuban mengadakan serangkaian kegiatan lomba. Kali ini dilaksanakan di Perpustakaan Umum Kecamatan Semanding. Diantaranya lomba mewarnai, menggambar, motorik, menulis ulang cerita (sinopsis) dan lomba mendongeng.

Serangkaian kelima lomba ini dilakukan selama dua hari berturut-turut. Lomba menggambar, lomba sinopis dan lomba mendongeng dilaksanakan pada hari Selasa, 24 September. Sedangkan untuk lomba motorik dan lomba mewarnai dilaksanakan pada hari kedua yaitu pada tanggal 25 September 2019.

Lomba ini mencakup berbabagai kalangan pelajar dari kalangan anak-anak PG/PAUD sampai pada tingkat guru.

“Lomba ini kami buat mencakup berbagai lapisan warga pelajar, diantaranya lomba mewarnai untuk tingkat PG/PAUD, lomba motorik untuk siswa TK/RA, lomba menggambar untuk siswa SD/MI, lomba sinopsis untuk siswa SMP/MTs dan lomba mendongeng untuk guru” jelas Nunik selaku ketua panitia.

Dua hari berturut berjejal masyarakat sekitar memadati area Perpustakaan Semanding. Antusiasme masyarakat sangatlah besar. Dari data, ada kisaran 171 peserta dan 264 pengunjung hadir mengikuti pada lomba yang diadakan oleh dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten tuban ini.

“Pada acara lomba, suasana disini (perpus semanding, red.) sangat ramai, sampai-sampai banyak ibu-ibu berdesak-desakan demi menyaksikan buah hatinya mengikuti lomba”, tutur Nurul Hidayah selaku staff Perpustakaan Semanding.

Acara ini merebutkan 15 juara, dengan masing masing lomba diambil 3 juara.

“Saya tidak menyangka karya sinopsis anak-anak SMP/MTs di Semanding ini sebagus ini, malah lebih bagus daripada sekolah yang saya ajar”, jelas juri Sinopsis yang juga mengajar pada salah satu Sekolah Kejuruan di Tuban.

Diakhir acara dilaksanakan penerimaan hadiah. Ibu Rahayu Supriyati berpesan kepada seluruh masyarakat Semanding untuk memanfaatkan perpustakaan yang berada tepat di depan koramil Semanding ini sebagai pusat informasi dan pusat literasi bagi masyarakat pada umumnya dan warga pelajar khusunya. Beliau juga menghimbau kepada pemerintah kecamatan dan desa seraya ikut serta dalam menghidupkan perpustakaan semanding.(Sobirin)

Komentar