Rapat Koordinasi Pembinaan Tata Kearsipan dan Audit Kearsipan Internal SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tuban

     Sebagai lembaga kearsipan daerah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban bertanggungjawab atas penyelenggaraan kearsipan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tuban. Agar kearsipan diselenggarakan sesuai dengan prinsip, kaidah dan standar kearsipan yang baku diperlukan pembinaan pada lembaga pencipta arsip. Sehubungan dengan hal tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban melalui kegiatan pembinaan dan monitoring Tata Kearsipan SKPD, mengadakan rapat koordinasi pembinaan tata kearsipan dan audit kearsipan internal SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tuban pada hari Selasa tanggal 6 Februari 2018..

     Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) se-Kabupaten Tuban dan dibuka oleh Drs. Achmad Amin Sutoyo (Asisten Pemerintahan Sekda Kabupaten Tuban) mewakili Sekretaris Daerah yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa arsip bukanlah sampah-sampah yang tak berguna, melainkan sebagai simpul pemersatu bangsa, yang mana suatu peristiwa sejarah tanpa arsip hanyalah sebuah mitos. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi kearsipan oleh narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur terkait pentingnya arsip, pengelolaan dan pengawasan arsip.

     Dalam sesi diskusi ditemukan beberapa permasalahan dalam penyelenggaraan kearsipan yang sering dihadapi oleh SKPD dan BUMD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tuban, diantaranya adalah kurangnya kemampuan mengelola arsip, kurangnya sarana dan fasilitas simpan arsip, tidak tersedianya tenaga pengelola arsip, lemahnya penyimpanan arsip secara regular, minimnya anggaran, serta tidak adanya perhatian dan pengawasan terhadap arsip yang diambil/dipinjam. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut diperlukan komitmen bersama dari para penentu kebijakan dan pelaksana kearsipan.(Foto : Fendik)

Penulis : Fajar

Komentar