SINERGIKAN PROGRAM INOVASI WISATA ARSIP ANAK SEKOLAH DAN MASYARAKAT (WARASMAS) DENGAN MUSEUM KAMBANG PUTIH TUBAN

Pada tanggal 14 Februari 2018, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kembali mengundang anak sekolah melalui program inovasi Wiisata Arsip Anak Sekolah dan Masyarakat (WARASMAS). Pada kesempatan kali ini dihadirkan rombongan dari SMA Negeri 5 Tuban terdiri dari 39 siswa beserta 2 Orang guru pendamping.

Selain dikenalkan dengan pengelolaan arsip secara umum dan diberikan materi tentang pengelolaan arsip keluarga, rombongan anak sekolah tersebut diajak berkunjung ke Museum Kambang Putih Tuban dengan menggunakan mobil WARASMAS. Tujuannya adalah untuk mengenalkan sejarah Tuban melalui  peninggalan nenek moyang dahulu.

Seperti kata pepatah "tak kenal maka tak sayang". Dengan adanya pengenalan tentang arsip dan sejarah Tuban kepada anak sekolah diharapkan mereka menjadi sayang dengan arsip, sayang dengan kota kelahiran mereka sehingga tumbuh kepedulian untuk memelihara dan merawat arsip pribadi atau keluarga mereka. Peduli juga dengan kota kelahiran mereka. Dan yang terpenting mereka tampak senang dengan kunjungan kali ini, terlihat dari keceriaan dan antusiasme mereka.

Sinergi program ini merupakan hal baru sebagai bentuk peningkatan layanan kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban bagi masyarakat. Semoga kedepan program ini terus berjalan dan terus memberikan kemanfaatan kepada masyarakat.(ed.Budi Ir)

Penulis : Fendik

Komentar