Implementasi MoU Dinas Pendidikan dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka (Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan pasal 1). Sebagai salah satu upaya untuk memajukan kebudayaan nasional, perpustakaan merupakan wahana pelestarian kekayaan budaya bangsa oleh karena itu perpustakaan wajib dikembangkan sebaik mungkin. memiliki fungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa, perpustakaan haruslah dikemas secara presentatif bagi user.

Dalam rangka meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa, perlu ditumbuhkan budaya gemar membaca melalui pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan sebagai sumber informasi, atas dasar tersebut Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban melakukan Memorandum of Understanding (MoU) /kerjasama untuk memaksimalkan kinerja perpustakaan khususnya perpustakaan sekolah di Kabupaten Tuban. Bentuk dalam kerjasama ini diwujudkan dengan memberikan sarana berupa printer berscanner ke sekolah-sekolah dan pendampingan yang secara terus menerus sampai dengan perpustakaan itu berjalan sesuai dengan amanat dan ketentuan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

Diterimanya sarana berupa printer berscanner dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban ini dimaksudkan sebagai pendukung modernisasi perpustakaan sekolah (otomasi perpustakaan sekolah/perpustakaan sekolah berbasis teknologi dan informasi). Dengan otomasi perpustakaan, akan meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan.

Perpustakaan sekolah adalah pusat belajar masyarakat (siswa dan guru), diantara guru dan siswa harus saling mengisi untuk memakmurkan perpustakaan, tuturDra. Sri Wigatin(Kabid pengembangan dan pembinaan). Banyak hal untuk memajukan perpustakaan diantaranya adalah memunculkan program-program literasi yang diadakan oleh perpustakaan sekolah. Selain itu, karya tulis yang dimiliki oleh guru dan siswa ditampilkan di perpustakaan sekolah sebagai pelecut semangat berliterasi.

Penulis : Fajar

Komentar