DUKUNGAN KOMISI C DPRD TUBAN TERHADAP KEBERADAAN PERPUSTAKAAN UMUM KECAMATAN MERUPAKAN ANGIN SEGAR BAGI PENGEMBANGAN PERPUSTAAKAN DI KABUPATEN TUBAN

Gambar: Kunjungan Komisi C DPRD Tuban ke Perpus Umum Kec. Tambakboyo

Kamis, (15/2) Komisi C DPRD Kabupaten Tuban melakukan kunjungan ke Perpustakaan Umum Kecamatan Tambakboyo. Rombongan berjumlah 6 orang, tiba di lokasi tujuan pada pukul  09:00 WIB.

Kegiatan kenjungan ini berjalan santai. Diawali dengan penerimaan kunjungan dan ucapan selamat datang oleh bapak Khusnul Hadi Khusuma, MAP. selaku Kepala UPTD Perpustakaan. Diteruskan sambutan dari Komisi C DPRD Tuban oleh Ketua Komisi, Ibu Mar’atun Sholichah, SH. Beliau sangat mengapresiasi atas upaya yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tuban dalam memanfaatkan aset Pemkab yang terbengkalai menjadi perpustakaan yang Bagus, Nyaman dan Asri.

Anggota komisi yang lain juga memberikan saran dan masukan. Ibu Mar’atun Sholichah, SH. menyampaikan bahwa Perpustakaan Kecamatan diharapkan mampu menjangkau seluruh daerah pelosok.  Khususnya pada desa yang sangat jauh dari lokasi perpustakaan. Sehingga mereka bisa merasakan fasilitas Perpustakaan Kecamatan yang selama ini terkendala oleh jauhnya jarak lokasi perpustakaan dan mungkin juga oleh kesulitan transportasi dan biaya. Untuk itu beliau mengusulkan adanya pengadaan sarana transportasi berupa kendaraan roda tiga (Tosa) sebagai upaya jemput bola pengembangan Perpustakaan Kecamatan.

Selain usulan di atas, ibu Hj. Mutamafaridah.S.Pdi. juga menimpali, guna meningkatkan minat baca anak khususnya dari kalangan pelajar beliau memberikan saran untuk menambahkan koleksi buku-buku pelajaran sekolah dari tingkat SD sampai tingkat SMA. Selain itu Ensiklopedia Agama, Sejarah Islam Nusantara, serta meningkatkan jalinan kemitraan dengan lembaga terkait.

Bapak Achmad Chamim S,Ag. menyampaikan perlunya percepatan pembangunan Perpustakaan Umum Kecamatan yang sekarang targetnya 3 kecamatan dalam satu tahun ditingkatkan menjadi 6 kecamatan.  Hal ini berkaitan sangat perlunya keberadaan perpustakaan di tiap-tiap kecamatan, guna meningkatkan daya baca masyarakat. Sedangkan untuk Perpustakaan Umum Kecamatan Tambakboyo, beliau menilai sudah cukup nyaman, mungkin hanya halaman perpustakaan perlu ada pemavingan, karena kalau musim penghujan pastinya becek dan banyak genangan air.

Selain masukan diatas, bapak H. Rofi’un, S.Pd. mengusulkan, pemasangan banner-banner di balai desa kecamatan setempat, untuk memberikan informasi dan sosialisasi secara meluas kepada masyarakat tentang keberadaan Perpustakaan Umum Kecamatan Tambakboyo.

Selama 3 jam berlangsung, acara kunjungan berjalan cukup lancar dan Komisi C DPRD Kabupaten Tuban menanti kabar gembira selanjutnya dari DISPERSIP Kabupaten Tuban.

Komentar