Pemusnahan arsip Statis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban

Dinas Perpustkaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban melaksanakan pemusnahan arsip statis SETWILDA pada tanggal 26 November 2019 dengan kurun waktu arsip dari tahun 1973 sampai dengan tahun 2000. Acara pemusnahan tersebut diawali secara simbolis oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban Joko Prijono, SH, M Hum, Sekretaris Dinas Drs,Imam Sutrisno, MM, serta Kepala Bidang Kearsipan Rahayu Supriyati, SH. Dalam Pemusnahan tersebut di hadiri atau di saksikan Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Bappeda, Bagian Hukum dan Inspektorat.

Pemusnahan arsip merupakan rangkaian terakhir pengelolaan arsip setelah tahapan pemindahan arsip dan penyerahan arsip sesuai Perka ANRI Nomor 25 tahun 2012 tentang pedoman pemusnahan arsip. Pemusnahan arsip adalah kegiatan menghancurkan atau meniadakan fisik dan informasi arsip melalui cara-cara tertentu, sehingga fisik dan informasinya tidak dapat dikenali lagi. Arsip-arsip yang dimusnahkan telah diperiksa sebagai arsip yang diusulkan musnah, sesuai kriteria pemeriksaan bahwa arsip-arsip tersebut benar-benar telah habis jangka simpannya atau habis nilaigunanya dan telah dilengkapi daftar arsip usul musnah, telah melalui tahapan penilaian arsip dan diketahui secara jelas informasi tentang arsip-arsip yang akan dimusnahkan tersebut.

Untuk selanjutnya, arsip-arsip yang tidak dimusnahkan adalah yang mempunya inilai guna dan akan disimpan sebagai arsip statis di DEPO Penyimpanan Arsip Statis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban. (Fendik)

Komentar