WARASMAS DISPERSIP TUBAN RAIH TOP 25 KOVABLIK OTONOMI AWARDS 2018

Sejak Tahun 2009 Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten Tuban yang pada saat itu masih berbentuk Kantor hingga saat ini (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban) selalu berupaya mengubah pandangan masyarakat  dan memberikan pemahaman terhadap arti penting arsip dan fungsi dari arsip. Berbagai upaya telah dilakukan hingga muncul suatu motivasi untuk melakukan inovasi bidang pelayanan publik.  Setelah melewati proses-proses perencanaan muncul suatu inovasi pelayanan publik dengan nama WARASMAS (Wisata Arsip Anak Sekolah dan Masyarakat) yang merupakan inovasi andalan Lembaga Kearsipan Daerah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Kabupaten Tuban.

Inovasi WARASMAS mulai dilaksanakan pada 23 Mei 2017. Peserta dari WARASMAS adalah Anak Sekolah (SD, SMP/Mts, SMA/SMK/MA) dan Masyarakat Umum. Pada kegiatan WARASMAS, peserta diberikan sosialisasi tentang pentingnya arsip dan fungsi arsip bagi kehidupan bermasyarakat dan pribadi. Selain arti penting dan fungsi arsip, kegiatan WARASMAS ini juga memberikan penjelasan tentang tata cara pengelolaan arsip keluarga. Setelah diberikan sosialisasi, peserta diajak untuk bekeliling melihat gallery foto Tuban Tempo Dulu, kemudian dilanjutkan ke depo pengolahan arsip dinamis dan ke depo pengolahan arsip untuk melihat langsung proses pengelolaan arsip dinamis dan arsip statis di Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten Tuban.

Pada tahun 2018, WARASMAS telah dikembangkan dan dibuat lebih menarik yakni dengan menambahkan acara Archive Heritage Trip (kunjungan ke tempat bersejarah) dengan mengunjungi Museum Kambang Putih. Penambahan kegiatan ini bertujuan agar Anak Sekolah dan Masyarakat dapat melihat secara langsung artefak-artefak peninggalan sejarah di Kabupaten Tuban. Dengan demikian, WARASMAS bukan hanya bersifat edukati melainkan juga rekreatif.

WARASMAS, pada awal pelaksanaan (2017) telah mendapatkan penghargaan yakni sebagai 5 (lima) Nominator Inovasi Terbaik Tingkat Kabupaten Tuban. Kemudian pada Tahun 2018 WARASMAS direkomendasikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tuban untuk berpartisipasi dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Otonomi Awards (Kovablik).

Kovablik merupakan suatu kompetisi inovasi pelayanan publik tingkat Jawa Timur dengan jumlah pesaing lebih dari 100 (seratus) peserta di seluruh SKPD/Instansi di Jawa Timur. Pada awalnya, tim penilai Kovablik melakukan penyaringan bagi 45 (empat puluh lima) inovasi pelayanan publik terbaik dan WARASMAS berhasil masuk pada penyaringan Top 45. Kemudian terdapat penilaian akhir yakni penyaringan Top 25 Inovasi Pelayanan Publik terbaik. Pada penyaringan terakhir, WARASMAS berhasil meraih prestasi sebagai TOP 25 Kovablik Otonomi Awards 2018 pada kategori Kolaborasi dalam Kegiatan penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Prestasi yang diraih Lembaga Kearsipan Kabupaten Tuban tidak serta merta membuat LKD berbangga diri. Sebagai suatu LKD yang melayani masyarakat, LKD harus selalu melakukan inovasi-inovasi menarik lain agar masyarakat lebih memahami arsip dan bisa menjaga aset negara maupun aset pribadi mereka.

WARASMAS yang meraih Top 25 Kovablik Otonomi Awards Tahun 2018 ini, menjadikan Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten Tuban sebagai bahan rujukan dan rekomendasi dari Lembaga Kearsipan Provinsi Jawa Timur  kepada LKD-LKD di Jawa Timur dan LKD-LKD di Jawa Tengah apabila melakukan kegiatan studi banding. Bahkan, pada tahun 2018 saja sudah mencapai sekitar 8 (delapan) SKPD yang melakukan studi banding di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban.

Tahun 2019 ini, juga akan dilaksanakan pengembangan dari segi penyebaran Informasi WARASMAS dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana Pengenalan Inovasi WARASMAS kepada masyarakat umum. Dalam hal ini, WARASMAS akan dibuatkan akun media sosial seperti Facebook dan Instagram. Dengan dibuatnya akun media sosial, penyebaran Informasi inovasi WARASMAS menjadi lebih mudah, fleksibel dan lebih efektif.

Tuban, 3 Januari 2019

Bidang Kearsipan

(Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Tuban)

Komentar