WARASMAS (Wisata Arsip Anak Sekolah dan Masyarakat) SMP 1 Tuban

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban kembali melakukan kegiatan WARASMAS (Wisata Arsip Anak Sekolah dan Masyarakat) Rabu, (28/03/2018).

Kali ini yang mendapatkan giliran adalahSMP N 1 Tuban yang berjumlah 40 Peserta terdiri dari 39 Murid dan 1 Guru Pendamping.

Acara ini di buka oleh Kepala Bidang Kearsipan Ibu Suhartatik, SH.MM (mewakilikepala dinas yang berhalangan hadir). Dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa keberadaan Arsip harus lebih dipahami dan jangan dipandang sebelah mata karena Arsip mempunyai peran penting sebagai bukti penyelanggaraan kegiatan Organisasi/Pemerintah.

Pada kunjungan tersebut para siswa sekolah dibimbing/diberi materi tentang pengelolaan arsip pribadi dan keluarga serta kearsipan secaraumum. Sebagaimana diketahui bahwa kelangsungan hidup dan keberadaan organisasi serta menjamin kelangsungan kegiatan Organisasi perlu dilakukan pengelolaan secara terpogram terhadap dokumen/Arsip yang sangat penting sebagai alat bukti penyelenggaraan kegiatan organisasi yang berfungsi sebagai alat bukti akuntabilitas, alat bukti hukum, dan memori orgnisasi yang merupakan dokumen/arsip vital bagi suatu organisasi.

Berikutnya para pengunjung di arahkan keliling Galery Warasmas, Gedung Sekretariat dan Depo Arsip untuk melihat pengelolaan arsip aktif dan inaktif serta arsip statis. Dengan diadakannya acara ini harapannya para siswa lebih meningkat wawasannya tentang arsip baik arsip lembaga maupun arsip pribadi. (ed:Budi Irw)

Penulis : Fendik

Komentar