Perpustakaan Keliling Turut Berpengaruh Terhadap Kecerdasan Bangsa.

Untuk meningkatkan wawasan tak cukup hanya mengandalkan materi pelajaran disekolah, karena perkembangan ilmu pengetahuan sifatnya dinamis dan sangat luas, yang tentunya tidak semuanya tersedia di sekolah. Dengan adanya Perpustakaan Keliling tentunya bisa membantu mereka yang ada di pelosok desa.

Seperti halnya pagi ini Sabtu,14 Maret 2020 kegiatan layanan perpustakaan keliling pagi ini berkunjung di SDN TEGALREJO III kec. Merakurak yang posisinya lumayan jauh dari Perpustakaan Umum Daerah Kab. Tuban.
Sambutan hangat dan antusias tampak terlihat dari raut wajah tenaga pengajar serta murid ketika mobil Perpustakaan Keliling datang mengunjungi sekolah mereka. Dengan ceria mereka memilih-milih buku yang tersedia di mobil. Mereka membacanya secara berkelompok.

Diharapkan kedepannya dengan adanya kunjungan mobil Perpustakaan Keliling dapat merangsang minat baca dan meningkatkan wawasan murid dan guru. Layanan perpustakaan keliling diberikan kepada semua lapisan masyarakat yang ada di sekitar Perpustakaan.

Layanan ini juga memberikan kesempatan kepada masyarakat pengguna yang keberadaannya jauh dari Perpustakaan. Perpustakaan keliling merupakan salah satu diantara sarana dan sumber belajar yang efektif untuk menambah pengetahuan melalui beraneka bacaan. Tersedianya beraneka bahan pustaka memungkinkan tiap orang memilih apa yang sesuai dengan minat dan kepentingannya.

Apabila kita sepakat bahwa perbaikan mutu pendidikan ditentukan oleh meningkatnya taraf kecerdasan muridnya,maka kehadiran Perpustakaan keliling dalam suatu lingkungan sekitar niscaya turut berpengaruh terhadap teratasinya kondisi ketertinggalan murid yang bersangkutan.(Diana)

Komentar