SUPERVISI DAN PEMBINAAN PERPUSTAKAAN DESA

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban

Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban pada tanggal 29 dan 30 Nopember 2017 telah melaksanakan supervisi dan pembinaan ke beberapa perpustakaan desa di Kabupaten Tuban, yaitu Desa Sambonggede dan Desa Sumber (Kecamatan Merakurak), Desa Merkawang (Kecamatan Tambakboyo), Desa Kedungharjo (Kecamatan Widang), Desa Kedungsoko dan Desa Ngrayung (Kecamatan Plumpang) selaku penerima hibah bantuan rak dan buku perpustakaan, baik dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur maupun Pemerintah Kabupaten Tuban.

Kegiatan supervisi dan pembinaan perpustakaan desa ini bertujuan untuk melihat pengelolaan dan pengembangan perpustakaan desa, memberikan bantuan teknis terkait pengelolaan perpustakaan desa serta membangun atau menggugah kembali komitmen kepala desa dalam pengembangan perpustakaan desa.

Secara umum pengelolaan perpustakaan desa masih perlu ditingkatkan, baik dari segi kelengkapan administrasi perpustakaan desa, pengolahan bahan pustaka, penyelenggaraan layanan, promosi perpustakaan, dan penyelenggaraan kegiatan pelibatan masyarakat di perpustakaan desa. Kesemuanya itu akan dapat berjalan dengan baik apabila ada komitmen yang kuat dari kepala desa untuk mengembangkan perpustakaan desa serta dukungan petugas perpustakaan desa yang profesional, yang mana kondisi saat ini belum ada petugas khusus perpustakaan desa karena belum ada dukungan anggaran khusus perpustakaan desa. Seperti yang disampaikan Sri Wigatin (Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan) bahwa tanpa adanya komitmen kepala desa, semua program baik perpustakaan maupun lainnya tidak akan berjalan dengan lancar.

Dari supervisi dan pembinaan perpustakaan desa ini dapat diketahui pula potensi perpustakaan desa yang dapat ditingkatkan pengelolaannya dari manual menjadi otomasi, yaitu Perpustakaan Desa Kedungharjo-Widang, Perpustakaan Desa Kedungsoko-Plumpang, Perpustakaan Desa Merkawang-Tambakboyo dan Perpustakaan Desa Sumber-Merakurak. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban selaku lembaga pembina perpustakaan di Kabupaten Tuban siap untuk membantu teknis otomatisasi perpustakaan desa melalui penerapan aplikasi inlislite dari perpusnas, dengan syarat sarana pendukung otomasi perpustakaan terlebih dahulu dipenuhi oleh pihak desa yang bersangkutan, diantaranya yaitu komputer, printer, scaner, barcode scaner. Diharapkan dengan otomatisasi perpustakaan desa ini akan lebih memudahkan layanan perpustakaan dan meningkatkan image dan kredibilitas perpustakaan desa. Serta mampu mendukung layanan perpustakaan desa berbasis teknologi informasi. (ed.Budi Irwanto)

Penulis : Fajar

Komentar